Tips dan Cara Meningkatkan Penjualan Online (Rekomendasi E-commerce)
Banyak sekali dari kita yang notaben nya masih awam ingin mempunyai toko online sendiri, dan pada saat kita menyewa jasa pembuat toko online serta menyewa orang pula untuk update konten, ternyata itu masih belum bisa menjadi target penghasilan yang kita inginkan dari usaha memiliki toko online. Setelah sebelumnya +Ardan Sanjoyo mengulas tentang tips memilih toko online yang tepat, kini ulasan ini akan saya tujukan kepada anda yang sedang merintis usaha praktis dari internet, dan berikut merupakan 9 Tips dan Cara Meningkatkan Penjualan Online (Rekomendasi E-commerce) bermanfaat. Sudahkah anda memiliki omset yang anda targetkan dengan berjualan melalui dunia maya? sudahkah anda memiliki tekhnik-tekhnik untuk tidak sekedar meningkatkan visitor website melainkan juga meningkatkan tingkat penjualan yang tinggi? OK, mari bersama simak tips dibawah ini apabila anda ingin mengetahui secara pasti.
Tips Meningkatkan Penghasilan dari Penjualan Online
By: startupbisnis.com Review by: Ardan Sanjoyo1. Gunakan form yang jelas dan simple
Kesan pertama sangat penting. Makanya kebersihan, kejelasan, dan ketepatan dalam proses checkout merupakan langkah pertama untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para pelanggan. Hilangkan setiap hambatan yang berpotensi membuat pelanggan kabur seperti link dan elemen yang tidak diperlukan. Pertahankan bagian penting dari form saja. Contohnya jika seorang pembeli membeli konten digital (pdf), jangan meminta mereka untuk mengisi alamat pengiriman. Semakin banyak field yang harus diisi, maka pelanggan juga membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk dihabiskan dan seperti kita tahu waktu adalah uang. Jangan membuat pelanggan Anda menghabiskan waktunya. Pastikan mereka bisa mengisi form dengan cepat.
2. Masukkan indikator visual untuk proses pembelian
Setiap orang menginginkan proses transaksi yang cepat. Masukkan indikator visual dengan deskripsi setiap langkah yang bisa membuat pelanggan tahu langkah apa saja yang harus di lakukan untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Jangan membuat banyak langkah untuk menyelesaikan transaksi karena itu akan mengurangi tingkat konversi penjualan. Saya merekomendasikan maksimal 4 langkah dalam menyelesaikan transaksi namun idealnya hanya menggunakan 3 langkah. 3 langkah meliputi Pengiriman, Pembayaran, dan Review ulang order.
3. Tidak perlu registrasi
Alternatif terbaik untuk para pelanggan yaitu dengan memberikan pilihan “tetap melanjutkan sebagai tamu” (continue as guest) sehingga itu akan membawa pelanggan untuk langsung menyelesaikan transaksi. Akun bisa dibuat sepanjang proses penyelesaian transaksi yang mana bisa membuat pelanggan merasa lebih cepat dalam menyelesaikan transaksi. Jangan lupa, di samping tombol “lanjutkan sebagai tamu”, ditempatkan form login untuk existing customer sehingga mereka bisa menikmati proses penyelesaian transaksi dengan cepat.
4. Jangan biarkan orang membatalkan transaksi
Ada banyak tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pembatalan pembelian, dan follow up email merupakan cara terbaik pada toko online anda. Follow up email merupakan cara terbaik untuk meyakinkan pelanggan Anda untuk kembali dan menyelesaikan transaksi. Di dalam email, tentu saja Anda membutuhkan beberapa elemen yang bisa meyakinkan calon pelanggan. Seperti diskon, pengiriman gratis, mengirim email follow up secepatnya setelah dia membatalkan pembelian dan mengirim email kedua setelah 24 jam.
5. Tunjukkan Anda bisa dipercaya
Pelanggan perlu merasa aman ketika mereka berada di dalam situs Anda. Khususnya ketika mereka melakukan transaksi pembelian. Mereka perlu mengetahui bahwa informasi kartu kredit yang mereka berikan bisa aman dan Anda bisa dipercaya oleh mereka. 2 hal yang bisa anda gunakan untuk memulai adalah garansi dan testimoni. Di luar itu, bisa anda sesuaikan dengan pengalaman anda.
6. Menawarkan produk yang berhubungan atau hampir sama
Anda bisa menawarkan produk yang lebih mahal atau penjualan barang yang berhubungan dengan pembelian sebelumnya. Itu juga bisa meningkatkan peluang pelanggan untuk memesan lebih banyak. Jika pelanggan membeli senter, mengapa Anda tidak menjual baterai juga kepadanya? Cara terbaik untuk melakukan ini yaitu dengan sidebar samping yang menampilkan nama, gambar, dan tombol keranjang untuk menambahkan barang sesuai dengan produk yang berhubungan.
7. Berikan petunjuk selanjutnya
Setelah pelanggan memproses tombol pemesanan, lalu apa yang mereka harus lakukan? Pastikan Anda memberitahu mereka. Pertama berikan ucapan terima kasih atas pesanan mereka dan pastikan order mereka diterima untuk mencegah kebingungan pelanggan. Jika Anda mengirimkan email ketika order sudah sampai, biarkan mereka tahu informasi tersebut.
8. Membuat pembelian mereka terhubung dengan social media
Satu hal yang biasa dilakukan oleh retailers yaitu memberikan kesempatan pelanggan mereka untuk memberitahukan pembelian mereka di social media. Taktik yang baik menerapkan tombol facebook like dan twitter follow pada halaman terakhir Anda. Apabila mereka pelanggan yang membeli dari Anda, mereka kemungkinan besar akan like atau follow brand Anda. Lalu apabila produk Anda tampil di newsfeed maka kesempatan penjualan akan meningkat.
9. Membuat design tampilan yang menarik
Ini merupakan halyang paling penting dan paling menentukan, karena sebuah produk akan dilihat pertama kali melalui design visual yang anda tampilkan, dan seperti kata pepatah “Gambar mengungkapkan sejuta makna”. Buatlah gambaran produk yang jelas, dan gunakan design warna yang tidak terlalu mencolok karna cenderung mengurangi minat pembeli.
Nah, semoga setelah anda membaca ulasan saya mengenai Tips dan Cara Meningkatkan Penjualan Online (Rekomendasi E-commerce) ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi untuk anda kembangakan dan dapat menyemangati anda untuk tetap fokus pada usaha bisnis online yang sedang anda rintis. Salam sukses selalu dan share artikel ini apabila anda tidak keberatan... special thanks to startupbisnis.com
Regard,
Admin